Persamaan Gerak

FISIKA  Kelas X

P E R S A M A A N  G E R A K


Koordinat Polar
Titik P dengan koordinat polar (r, q) berarti berada diposisi: - q derajat dari sumbu-x (sb. polar) (q diukur berlawanan arah jarum-jam) - berjarak sejauh r dari titik asal kutub O. Perhatian: jika r <> r: koordinat radial q: koordinat sudut Setiap titik mempunyai lebih dari satu representasi dalam koordinat polar (r, q) = (- r, q + np ), untuk n bil. bulat ganjil = ( r, q + np ) , untuk n bil. bulat genap Persamaan dalam Koordinat Polar Pers. polar dari lingkaran berjari-jari a: r = a Untuk lingkaran berjari a, - berpusat di (0,a): r = 2a sin q - berpusat di (a,0): r = 2a cos q r = 2 sin q r = 2 cos q. Vektor posisi, kecepatan dan percepatan. V adalah kecepatan benda yang merupakan turunan pertama dari posisi. Jadi Vx adalah turunan pertama dari X dan Vy adalah turunan pertama dari Y. Silakan kamu turunkan (diferensialkan) persamaan tersebut...
Vox adalah Vx saat t = 0, dan Voy adalah Vy saat t = 0. Vo adalah penjumlahan (secara vektor) dari Vox dan Voy. Ax adalah turunan kedua dari X, dan Ay adalah turunan kedua dari Y. Coba kamu turunkan sendiri.... Aox adalah Ax saat t = 0, dan Aoy adalah Ay saat t = 0.Mengubah persamaan posisi menjadi percepatanA :Jika posisi benda dinyatakan dalam persamaan dengan variable waktu, maka persamaan posisi tersebut kita turunkan (diferensialkan) menjadi persamaan kecepatan. misal, x = 2t^2 - 2t maka kecepatannya adalah turunan pertama dari x; v = dx/dt = 4t - 2 untuk mengubah menjadi percepatan, maka kecepatan tersebut kita turunkan sekali lagi; a = dv/dt = 4
# Gerak Lurus Beraturan (GLB) #

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan kecepatan tetap. Untuk lebih memahaminya, amati grafik berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhotfrG-cgpKmURXaQ6rEj791VfIBX0CxjCBBBDeo22mnLE9TdtyRU6R2-gdAon6wXKR5NMc0zgkpC8rBEsSqRvoxvL4OwKUM6dhPnzmkYyzBq1apYeDg2nMU9hPq7BbKhuzzoNWfBodcY/s320/fisx02_15.jpgGrafik di atas menyatakan hubungan antara kecepatan (v) dan waktu tempuh (t) suatu benda yang bergerak lurus. Berdasarkan grafik tersebut cobalah tentukan berapa besar kecepatan benda pada saat t = 0 s, t = 1 s, t = 2 s, t = 3 s?
Tampak dari grafik pada gambar 6,
kecepatan benda sama dari waktu ke waktu yakni 5 m/s.
Semua benda yang bergerak lurus beraturan akan memiliki grafik v - t yang bentuknya seperti gambar 6 itu. Sekarang,hitung berapa jarak yang ditempuh oleh benda dalam waktu 3 s?
dapat dihitung jarak yang ditempuh oleh benda dengan cara menghitung luas daerah di bawah kurva bila diketahui grafik (v-t) :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmf5MeYT12eWyY_RS8Q-2ON6euFnxEojsFefbBNQQUTJvQlc0Hxgmd0vyY3iUdX__pn79HDaTuK69ZTHbwMU3iwOKDa3HmU00yuUe7OIFhuBCT5Ykub3y5tuic58KeANFGKT1F4Aa2fTs/s320/fisx02_16.jpg
Jarak yang ditempuh = luas daerah yang diarsir pada grafik v - t.
Cara menghitung jarak pada GLB.Tentu saja satuan jarak adalah satuan panjang, bukan satuan luas.
Cara lain menghitung jarak tempuh adalah dengan menggunakan persamaan GLB.
kecepatan pada GLB dirumuskan:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcR8QNLa3veyx3McRbYS_jYws_Lcq5toMuKKacJLm0Rt9EICjfFgFNOJ3QjQeLa9Y81OmmZdtfz-c78YHTXqUOYGlWXHe_Zzr7ZZyJh7DHX2IDpaHSov-iq7SisN_4HNov6xTbuyncgh0/s320/fisx02_30.jpgKet : v = kecepatan (m/s) t = waktu tempuh (s) s = Jarak (m)
Persamaan GLB untuk benda yang sudah bergerak sejak awal pengamatan.
Dengan so menyatakan posisi awal benda dalam satuan meter.
Di samping grafik v - t di atas, pada gerak lurus terdapat juga grafik s-t, yakni grafik yang menyatakan hubungan antara jarak tempuh (s) dan waktu tempuh (t) seperti pada gambar di bawah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiP_HHohvbH4CTFNjFA1ZWJFqOlGHy0WA7PGIpB2BSZ-IuDyaSRteXm1uMFi4snmPtgQD7uI_RXvU9wp84r9nLTkB6otF5eW_VvJDqrgHh0n3QEtCIF8ZvpK2w1JX1SjfBYyeKIEAyCT7Q/s320/fisx02_17.jpg
Pada saat t = 0 s, jarak yang ditempuh oleh benda s = 0, pada saat t = 1 s, jarak yang ditempuh oleh benda s = 2 m, pada saat t = 2 s, jarak s = 4 m, pada saat t = 3 s, jarak s = 6 s dan seterusnya. Berdasarkan hal ini dapat kita simpulkan bahwa benda yang diwakili oleh grafik s - t pada gambar 9 di atas, bergerak dengan kecepatan tetap 2 m/s (Ingat, kecepatan adalah jarak dibagi waktu).

                            key_to_success.gif

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar